Jumat, 29 Mei 2015

Anime dan Introvert



Apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar kata anime?
Hero, kekuatan super, robot?
Karakter lucu dan menggemaskan?
Mata yang besar dan berwarna-warni?
Atau justru para otaku dan kebudayaan jepang nya??

Bagi para remaja khususnya diera modern seperti sekarang, anime mungkin sudah tidak terdengar asing bagi mereka. Bahkan secara eksplisit mereka tahu betul perbedaan antara anime dengan kartun, hal yang kadang masih tidak disadari oleh kebanyakan masyarakat kita. Apalagi hidup dizaman dengan akses informasi yang mudah dan cepat seperti sekarang, orang bisa nonton anime atau membaca manga/novel via online sepuasnya. Berbeda dengan dulu, biasanya orang-orang hanya tahu dari tayangan indosiar dan rcti tiap minggu pagi, tak terkecuali saya. 



Sampai saat ini, tidak sedikit dari masyarakat kita yang masih beranggapan jika anime dan kartun ialah sama atau lebih diperuntukkan untuk anak-anak. Saya yakin ketika mendengar komentar tentang hal tersebut, seorang penggemar anime/manga pasti langsung bereaksi karna tersinggung. Ya siapa coba yang terima kalau hobi kesayangannya dikata hobi anak-anak. ''Udah gede kok masih suka liat kartun!'' gak usah mikir jauh-jauh saya sudah alami sendiri, itu kata mbak saya kemaren. Sakitnya tuh disini. Hehe.
 

Tapi memang jika dilihat dari kompleksitas cerita yang ada pada anime sendiri, tentu tidak semua anak-anak bisa memahaminya. Malah, saya pribadi kadang masih kesulitan mencerna dialog pada anime. Salah satunya mungkin karna perbedaan budaya, dalam anime biasanya disuguhkan berupa alur serta plot cerita yang terlalu rumit dan njelimet bagi kita. Jika tak menyimaknya dengan baik atau bagi yang baru pertama kali nonton pasti kesulitan memahaminya. Untuk itu terkadang butuh proses adaptasi, khususnya bagi mereka yang masih awam dengan dunia hiburan jepang. Berbeda dengan anak-anak yang cenderung melihat visualnya saja.


Bagaimana hubungan antara anime dengan introvert?

Dari yang sering saya temui, khususnya penggemar anime atau sesuatu yang berhubungan dengan jepang (otaku) disosial media rata-rata identik dengan seorang introvert. Tentu ini hanya sebatas pengamatan saya, tapi sekilas bisa kita ketahui dari kebiasaan serta cuap-cuap mereka distatus maupun digrup-grup bertemakan jepang.
Apalagi bacaan-bacaan seperti novel, komik, manga etc, biasanya sering jadi sarapan sehari-hari para introvert. Siapa lagi coba yang betah berdiam diri dirumah, baca novel/manga seharian, suka menyendiri dan menjauhi keramaian selain introvert?
Kalau untuk saya pribadi sih gak terlalu suka baca yang demikian, lebih suka nonton animenya saja atau minimal kalau untuk bacaan harus sesuatu yang informatif (gak nanya). Ntahlah mungkin perlu diragukan kadar keintrovertan saya.


FYI, di Jepang sendiri kebanyakan masyarakatnya sangat gemar membaca, terutama para anak mudanya. Makanya novel/manga/anime begitu laris bak kacang rebus disana, industrinya pun berkembang pesat. Konon jepang disebut-sebut sebagai negara dengan jumlah introvert terbanyak didunia. Tak berlebihan menurutku, apalagi jika dilihat dari kebiasaan masyarakatnya sendiri yang rata-rata memang lebih tertutup. Orang-orang jepang tidak mudah mengumbar privasinya ke khalayak umum, ini tercermin dari fenomena media sosial yang kurang diminati di sana. Selain itu mereka juga gemar dirumah dan menyendiri, membaca buku, pemikir, sampai yang dikenal sangat disiplin. Lalu benarkah jika mayoritas orang Jepang adalah introvert? Memang kita tidak bisa menyimpulkannya hanya dari hal-hal diatas, tapi yang jelas kebiasaan-kebiasaan masyarakatnya cenderung identik dengan ciri seorang introvert.

Disini saya akan coba share anime-anime yang identik dengan introvert. Bisa jadi ini bukti jika fenomena introvert merupakan sesuatu yang umum di Jepang. Saya yakin bagi yang belum/tidak pernah nonton anime khususnya seorang introvert, pasti bakal suka dengan aksi-aksi tokoh dalam anime dibawah ini. Seperti pemikir yang mendalam, jenius dan cakap dalam memecahkan suatu misteri/teka teki, strategi-strategi yang ciamik, sampai pada karakter tokohnya yang tertutup, penyendiri sampai yang terisolir dari dunia luar, maniak game, serta beragam sifat yang gak biasa dan terkadang nyeleneh.
Oke langsung saja, berikut 5 anime dengan tokoh/karakter utama yang identik dengan ciri seorang Introvert. Disini saya urutkan mulai dari introvert paling ringan sampai pada introvert akut yang nyeleneh, pokoknya sayang banget kalau dilewatin... XD

5. Barakamon


Anime ini sarat akan nilai-nilai moral dalam kehidupan, banyak sekali hal-hal inspiratif serta kebiasaan-kebiasaan yang lekat dengan budaya ramah masyarakat pedesaan Jepang yang bisa kamu temui dalam animenya. Ditambah tingkah konyol dan kontras para karakternya dijamin buatmu betah mantengin anime ini. Episode pertama tak kurang dari 10 kali saya tonton, suka banget liat tingkah naru hehe.
Nb: Tokoh utamanya ialah Handa Seishuu, ia tipe orang yang doyan nulis kaligrafi seharian penuh. Kegigihannya patut kita jadikan contoh, meski berulang kali gagal ia tak mudah menyerah dan berhenti begitu saja. Dalam benaknya ia ingin agar karya seni yang dihasilkannya jadi nomor satu. Namun pada akhirnya ia sadar setelah bertemu naru dkk, pandangannya seolah berubah dari yang sebelumnya hanya mementingkan hasil dan juara, kini jadi lebih menghargai proses.

4. Sword Art Online

Salah satu hal yang membuat saya menyukai anime ini adalah originalitas ceritanya. Hidup didalam dunia game online seperti layaknya hidup didunia (reality game). Menggunakan koneksi otak dan syaraf langsung untuk mengontrol avatar dalam game. Jika mati didalam game maka ia juga akan mati didunia nyata, dan semuanya dijelaskan scara ilmiah jadi terlihat epic dan masuk akal. Grafik/visualnya juga bagus, anime inilah yang menjadi tonggak awal bagi saya hingga jadi gemar nonton anime sampai sekarang.
Nb: Tokoh utamanya ialah Kirigaya Kazuto. Seorang yang kalem dan penyendiri. Awalnya ia memilih menjadi solo player ketimbang ikut dalam Party didalam game. Sementara didunia nyata ia seorang pecinta game, komputer dan elektronika. Namun tidak seperti fenomena introvert yang lebih sering ngejomblo aka jones, disini tokoh utamanya sempat menikah didalam game dengan seorang player perempuan bernama Asuna, dan memutuskan untuk berpacaran ketika bertemu di dunia nyata. :P

3. No Game No Live

Hampir mirip dengan Sword Art Online, sama-sama bercerita tentang dunia game/reality game. Perbedaannya jika di SAO lebih ke game pertarungan maka dalam anime ini unsur taktik dan strateginya lah yang lebih ditonjolkan. Ceritanya juga lebih berbau magic dan supranatural ketimbang sci-fi seperti SAO.
Nb: Tokoh utamanya ialah dua orang kakak beradik yang menurut saya pribadi lebih pantes disebut hikikomori ketimbang introvert, maniak game dan terisolir dari dunia luar. Hidupnya hanya untuk bermain game, hingga mereka menduduki peringkat teratas sebagai gamer elit didunia. Mereka juga jenius, tak ada satu game pun yang tak bisa mereka menangkan. Dalam anime ini, kalian akan disuguhi berbagai macam taktik dan strategi yang ciamik.

2. Hyouka

Anime ini memiliki bercerita tentang detektif, namun bukan kasus pembunuhan atau kriminalitas yang disuguhkan melainkan hal-hal sederhana yang ada disekitar kita. Jangan berharap akan ada aksi perang perangan, gelut, apalagi berdarah-darah, karna disini lebih fokus ke dialog dan alur cerita. Meski begitu, anime ini dikemas dengan sangat epic, misteri demi misteri diungkap secara cerdas dan detail. Setiapnya episodenya slalu memancing rasa penasaran, dan saat misteri tlah terpecahkan itu benar-benar puas rasanya. Animasinya juga bagus, enak dilihat dan gak ngebosenin.
Nb: Tokoh utamanya ialah Oreki Houtarou, seorang pemalas yang enggan melakukan terlalu banyak aktivitas atau mengeluarkan banyak energi. Seperti halnya Introvert pada umumnya, ia pun senang menyendiri, tenang, serta tidak menyukai keramaian. Bertindak dan berbicara seminimal mungkin namun lugas, efektif dan efisien. Ia juga cerdas dan pandai dalam mengungkap dan memecahkan setiap teka-teki dan misteri yang ada dengan dibantu tiga orang teman klubnya. Mirip sama saya ni si Oreki XD

1. Oregairu

Cerita anime ini berpusat pada tokoh utamanya Hikigaya Hachiman. Bisa dibilang karakter Hachiman ini merupakan sisi gelap dari kepribadian introvert. Secara umum baik ideologi maupun sudut pandang pemikirannya memang sangat identik dengan ciri khas seorang introvert, namun disini mungkin sedikit lebih ekstrem. Dalam anime ini kalian akan disuguhi karakter nyeleneh Hachiman beserta pemikiran unik serta pandangan-pandangan konyolnya. Walaupun kalau boleh jujur dari segi grafis/visualnya masih kurang oke malah terkesan seadanya seperti anime zaman dulu. Namun ceritanya sangat menarik untuk diikuti.
Nb: Khusus bagi para introvert, saya yakin alur cerita dalam anime ini tidak akan terasa asing. Mirip banget, seperti cerminan diri hehe
Oya, ada pelajaran yang bisa kita ambil dari anime ini. Seperti bagaimana persepsi orang lain terhadap para introvert, begitupun sebaliknya. Disini sifat pendiam dan tertutup seorang introvert akan dikupas scara gamblang. Ya lumayan memberi pemahaman pada kita semua, khususnya dalam kehidupan bersosial. Selain itu, unsur hiburannya juga kental dalam anime ini. Tipe-tipe humor unik yang saya pikir belum pernah ada dianime lain, u have a try! Oya season kedua anime ini sudah rilis dan sedang berjalan.

Cukup sekian postingan untuk kali ini. Anime-anime diatas adalah beberapa anime yang sudah saya tonton dan menurut saya BEST, mungkin masih banyak anime bertemakan introvert atau mengulas tentang sosok seorang introvert sebagai tokok utamanya diluar sana. Namun pertama-tama saya sarankan untuk nonton lebih dulu 5 anime diatas.

3 komentar: