Jumat, 21 November 2014

The Confused Story

Selama ini kita mendengar bahwa Perang Dunia ke 2 terjadi karena perlombaan senjata dan ideologi yang cukup sengit baik di Eropa maupun Asia. Negara otoriter melawan negara demokrasi yang berbasis kerakyatan. Namun sebenarnya Perang itu sendiri tidak dapat dinilai secara hitam dan putih. Di Jerman misalnya, NAZI sendiri berhasil mengambil alih tampuk kepemimpinan lewat sebuah pemilu demokratis. 
Lalu apa sebenarnya penyebab dari Perang Dunia ke 2 yang mengakibatkan sekitar 62,537,400 jiwa melayang tersebut? dan bagaimana kronologis kejadiannya??
Dalam postingan kali ini aku tidak akan membahas mengenai peristiwa tersebut, tapi mengenai pengalaman-pengalaman bingung yang pernah kualami. Cekidot!

So, aku dan bingung itu udah bagai pinang dibelah dua. Tiap perihal yang menyangkut arah atau jalan hidupku pasti diawali dengan kebingungan. Seperti gak bisa dipungkiri, kebingunganku sllu hadir dalam setiap keputusan-keputusan penting yg menyangkut masa depanku.. Namun tak berarti ia sllu memberi efek negatif, sebetulnya dr kebingungan-kebingungan inilah aku mendapatkan pelajaran yg berharga, seperti bagaimana menyikapi rasa bingung yg membelenggu itu sendiri. Kalau kita jeli, pengalaman tsb bisa jadi akan sangat bermanfaat, khususnya untuk menghadapi kebingungan-kebingungan di masa akan datang.... 

Dulu saat menjelang kenaikan kelas XI SMA, aku sempet bingung antara ngambil jurusan IPA atau IPS. Dalam hati sebenernya berharap banget bisa masuk IPA karna cakupan ke profesi dan pekerjaan kedepannya lebih luas ketimbang IPS. Namun siapa sangka harapan itu pupus karna nilai rapotku di kelas X kurang memuaskan, khususnya pada mata pelajaran IPA. Hanya dapat nilai 6 (enam) di 2 semester kelas X. Itupun salah satu semesternya hasil remidi (ngulang) karna nilai aslinya dibawah standar. Mungkin karna tau aku kurang kompeten di IPA, akhirnya oleh bapak/ibu guru aku dijebloskan ke IPS.. 


Lulus dari SMA aku lanjut ke bangku kuliah. Pada waktu pendaftaran, lagi aku dibuat bingung dalam menentukan jurusan, karna jurusan yg kuinginkan justru tidak diperkenankan utk kuambil. Ini tak lain efek dari jurusan ketika di SMA lalu (IPS).
Awalnya aku berniat ngambil jurusan teknik mesin. Emang sih kalau dipikir-pikir gak nyambung, masa dari SMA IPS mau masuk ke teknis mesin..??
Dan benar saja, dosen yg jadi petugas waktu itu menceploskan beberapa kalimat yg seolah menegaskan kebingunganku, ''mas, IPS kok ngambil teknik mesin, emangnya mau njurnal mesin?'' cetusnya (sambil nyengir baca formulir isianku).
Udah, gak berfikir lama, langsung banting setir ke jurusan akuntansi, tanpa bertanya-tanya lebih dulu (sangking lugunya aku kala itu). Terus terang sampai sekarang perkataan dosen itu masih kuinget, gak tau kenapa...
Tapi dulu sih ga ada beban apa-apa, terima aja, dan tetep bisa enjoy walaupun ngambil jurusan dengan keputusan mendadak. Tapi kepikirannya baru jauh-jauh setelahnya. Ya kaya sekarang ini, spontan banget, hidupku kok ga ada planningnya sama skali, ga pernah ada angan-angan atau cita-cita mau kemana kek gitu setelah dewasa. Jadinya sempet jg mikir, ''lah, kok aku dulu ngambil akuntansi ya, ga ke ini itu blablabla''.. Menyesal sih ga, bruntung banget emang aku diciptain jadi manusia yg ''nerimo eng pandum'' (kata temen), jadi walaupun ada miss atau keputusan yg salah dimasa lalu aku tetep bisa ikhlas kadang-kadang.. Kadang-kadangnya lagi nyesalin bentar ga lama, baru kemudian hidup normal kembali... hehe
Jadi teringat peristiwa lucu ketika msih dibangku SMP. Pernah salah seorang guru bertanya padaku dikelas: ''wahyu, apa cita-citamu?'', karna emang pada waktu itu ga kepikiran buat jadi apa-apa, jadi ya kujawab seadanya ''ga punya cita-cita bu..'' dan teman-teman sekelasan langsung ketawa..
Ini juga sampe sekarang msih membekas dalam ingatanku, ga tau kenapa.. 


Tp emang salah satu alasan spontanku ngambil jurusan akuntansi waktu itu karna di SMA mata pelajaran akuntansi termasuk salah satu favoritku. Tiap tugas, ulangan dan ujian, nilaiku slalu memuaskan. Terlebih karna aku juga lebih suka berhitung ketimbang berteori. Ya gitu deh akhirnya ketok palu milih akuntansi, kupikir waktu itu akuntansi dalam pelajaran sekolah dengan jurusan kuliah ga jauh beda. Dan ga kusangka-sangka ternyata emang bener, cuman teorinya lebih banyak dan lebih njelimet dari yg kupikirkan sebelumnya.. 


Dan ini yg terakhir, masih seputar dunia perkuliahan. Masih anget, terupdate, baru beberapa waktu yg lalu aku alami. Malah, rasa galaunya masih membekas sampe sekarang. Hehe..
Sebagai informasi, aku sekarang semester akhir alias sedang sibuk ngerjakan skripsi.
Beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya ngambil makul skripsi sekarang ini sempet juga ngalemin yg namanya bingung. Ga nyangka sbenernya, di usia-usia dewasaku seperti sekarang pun masih bisa dirundung kebingungan.
Kebingungan itu bermula di masa-masa konsultasi KRS bersama dosen idolaku (ciee ciee). Itu, si bu bunga (nama samaran) ga tau kenapa setiap melihatnya mengajar didepan kelas hatiku jadi....... Halah lupakan hahaha 

Lanjut, aku punya masalah dengan IPK atau nilai IP rata-rataku yg rendah. Karna akan sangat riskan jika aku lulus kuliah dengan nilai dibawah standar fresh graduate (min 3). Sedangkan jurusan yg kuambil adalah jurusan umum. Hduh.. Beberapa hari dibuat bingung, antara langsung ngambil skripsi atau mengulang. Sempet konsultasi, minta pencerahan sama dosen pembimbing (dosen idolaku red), tapi jawabannya masih belum memuaskan. Kalimat terakhir yg diucapkannya begini ''mas kan sudah dewasa, pasti tau mana yg terbaik, yah''.. Emg ga salah knapa aku slalu elu-elukan bu bunga, suaranya buat hatiku berdebar-debar.   Tapi sayang ga menjawab kebingunganku. 


Masalahnya begini, nilaiku jika ditotal (plus prediksi nilai KKN dan skripsi min.= B) jumlahnya kurang dari 3. Karna tentunya sulit bersaing dengan yg lain apalagi persaingan di zaman sekarang makin ketat. Emang, nilai bukan sgalanya karna yg paling penting adalah ilmu dan pengalaman. Tapi tetap saja itu ga berlaku jika dihadapkan pada situasi seperti ini: ''Dicari, lulusan S1 IP minimal 3 blablabla''.
Yg ada malah nyerah sbelum perang, IP tidak memenuhi syarat, padahal persaingan sesungguhnya ada pada tes dan wawancara. Kalau sudah dari awal ga lolos, ga bakal bisa berbuat banyak. Terus terang faktor inilah yg paling menggelisahkanku.
Sbenernya ada 2 metode yg bisa kuambil utk memperbaiki nilai yg ada.
1. Mengulang 2 smester lagi, dan
2. Ngasih amplop (nyogok red)

Yg pertama ngulang 2 smester (hitung2anku), namun akhirnya ku eliminasi karna demi Allah aku udah bosen plus udah males bgt kuliah, Jd ogah ngulang kuliah lg huhuhu.. Lgipula ngulang pun jg ada resikonya, klu udah ngulang tp nilai sma sja ya percuma dong umurku hbis dikampus doang..
Sdangkan yg kedua nyogok, (katanya sih bisa hehe) yah sayangnya jaringanku dikampus ga banyak. Utk urusan yg gtu2 kayanya aku kurang kompeten deh, lgian.. Ah sdahlah.. 


Yap, 2 metode ku abaikan, meski harus nelan pil pahit dimasa akan datang ya sudahlah aku terima. Akhirnya aku langsung ngambil skripsi dgn konsekuensi IP kurang dr 3 jika lulus. Berat sbenernya, apalgi masih ada satu kekhawatiran yg kupendam dalam2. Yakni, aku takut mengecewakan ortu bila mereka tau nilaiku nanti hikz hikz.. Aku sngaja ga beritahu ortu soal keputusan ini, emg sgala urusan kuliah (selain biaya kuliah) ortuku ga tau menau, beliau seolah percayakan smua ke aku termasuk pemilihan jurusan waktu itu yg jg kupilih sndiri tanpa rekomendasi atau campur tangan ortu. Yah semoga aja beliau kelak ga kecewa..
Tp okelah, ckup untuk memikirkan masalah itu, skrg aku msih punya tugas berat, yakni skripsi. Perjalanan bahkan masih panjang, semoga jalan yg kuambil ini emg benar2 jalan terbaik untukku.. Terlebih lagi buat ortuku.. huhu
Meskipun banyak keputusan2 membingungkan yg berakhir dgn sesuatu yg ga kuinginkan, tp aku yakin dan optimis. Karna Allah pasti memberikan jalan terbaik untuk tiap umatNya..
Amiin.. Semoga, karna aku percaya dan sllu berpegang pada itu.. 

''Sesalilah ia sekedarnya saja, karna apapun yg sudah terjadi tdk akan pernah bisa kembali. Penyesalanmu ga akan bisa merubah masa lalu, apalagi rasa menyesal yg berlebihan justru akan membuatmu jatuh lebih dalam. Skrg yg terpenting, tatap masa depan. Pengalaman yg tlah lalu bisa kita gunakan untuk mengarungi masa yg akan datang.. Dan jagalah, agar jangan sampai jatuh ke lubang (kesalahan) yg sama''

Mungkin itulah hikmah yg bisa kuambil dr peristiwa-peristiwa membingungkanku slama ini..
Well, sbenernya ada satu sumber/pokok masalah yg menyebabkan kebingungan itu bisa terjadi. Tau ga????

Ya... Karna aku kurang giat dan sungguh-sungguh dalam belajar. Klu saja dulu aku rajin, shingga nilai IPA ku bagus atau IP kuliahku tinggi, pasti ga akan ada kebingungan-kebingungan seperti itu.
Jadi buat adek-adek yg baca catatan kakak ini, jgn jadi sperti kakak ya, blajar yg giat spaya kedepannya enak dan ga sering galau kaya kakak..hehehe.. 

Last, semoga kisah ''bingung'' ku ini bermanfaat buat smua, terlebih lagi dapat menginspirasi teman-temen agar menjadi pribadi yg lebih baik lagi..
Dan semoga yg baca ga pada bingung, atau ikut2an jd bingung, apalagi ketularan bingung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar